whatsapp WhatsApp
     5 / 10 Reviews  55 view

Desain Angkul Angkul Batu Bata Modern Kini Sangat Dilirik

Desain Angkul Angkul Batu Bata Modern Kini Sangat Dilirik

Penggunaan desain angkul angkul batu bata modern kini memang lebih banyak dijumpai di rumah-rumah masyarakat ketimbang dengan yang menggunakan konsep desain tradisional.

Pengaruh desain modern memang tidak bisa dibendung seiring berkembangnya jaman, terutama dalam desain arsitektur angkul-angkul ini. Hal ini umumnya dipicu karena sulitnya mendapatkan bahan asli atau juga selera yang berbeda-beda.

Angkul Angkul Batu Bata Modern

Angkul Angkul Batu Bata Bali Modern
Angkul Angkul Batu Bata Bali Modern - sumber: www.pinterest.com

Angkul-angkul batu bata modern umumnya dibuat dengan desain yang minimalis dan ornamen-ornamen yang lebih simple. Untuk bahan materialnya, ada yang masih menggunakan batu bata dan ada juga yang menggunakan batu cadas.

Hal ini berbeda dengan angkul-angkul tradisional jaman dulu, yang mana selalu mempertahankan keutuhan konsep tri angga (3 bentuk), yaitu: kaki, badan, dan kepala (atap). Materialnya juga kebanyakan terbuat dari batu bata dan tanah polpolan.

Penggunaan tanah polpolan memang sangat jarang ditemukan lagi. Namun, di beberapa tempat angkul-angkul dengan bahan tradisional ini masih dijaga baik keasliannya, contohnya: Desa Penglipuran. Hal ini disebabkan karena angkul-angkul dari bahan ini memiliki nilai estetika yang lebih tinggi.

Desain Modern Dengan Konsep Minimalis

Angkul Angkul Konsep Minimalis
Angkul Angkul Konsep Minimalis - sumber: www.pinterest.com

Yang dikatakan konsep minimalis disini adalah bentuk angkul-angkul yang lebih simple. Dimana tidak memerlukan lahan yang luas untuk pembangunannya dan juga cenderung menampilkan ornamen-ornamen ukiran yang berbeda.

Hal ini memang sangat tepat disesuaikan dengan rumah-rumah masa kini mengingat umumnya luas lahan untuk pembangunan rumah tidak terlalu lebar dan besar.

Sementara untuk ukurannya, umumnya dibuat dengan ukuran pintu masuk yang beragam mulai dari ukuran yang cukup untuk dilalui sepeda motor dan juga dibuat lebar agar dapat dilalui mobil.

Penerapan desain angkul-angkul baik itu tradisional ataupun modern bukanlah menjadi hal perlu untuk diperdebatkan. Semuanya kembali ke selera masing-masing.

Namun yang paling penting, disarankan dalam pembuatannya tetap memperhatikan aturan-aturan dari lontas kosala-kosali (pedoman arsitektur tradisional Bali) sebab pembangunaan angkul-angkul ini dipercaya dapat berpengaruh pada rejeki, kesehatan, dan ketentraman si pemilik rumah.

Give Review :
Desain Angkul Angkul Batu Bata Modern Kini Sangat Dilirik.PDF
Tag : Angkul Angkul Minimalis Modern Angkul Angkul Rumah Bali Desain Angkul Angkul Batu Bata

Share To :
Contact : Email WhatsApp

Select Tour :

Or Custom Tour :

Booking :

Mr.
Mrs.

Pick Up Information :

Angkul Angkul Batu Bata

Bentuk Pagar Batu Bata Bali Yang Estetik & Sarat Fungsi Spiritual

Pernahkah memperhatikan bentuk pagar batu bata Bali? Pagar batu bata Bali memiliki konsep yang cukup unik bila dibandingkan konsep pagar lainnya. Dibu...